Cara Mengatasi Motor Mogok Akibat Kemasukan Air



Cara Mengatasi Mesin Motor Injeksi atau Matic Kemasukan Air

mengatasi mesin motor mogok akibat kemasukan air banjir
Cara mengatasi motor mogok akibat mesin kemasukan air merupakan judul postingan saya kali ini dan tujuan saya membagikan artikel ini adalah jika mesin mogok akibat kemasukan air, anda tidak perlu ke bengkel untuk mengatasinya karena anda bisa menanganinya sendiri.

Ada beberapa penyebab yang menyebabkan mesin motor kemasukan air, salah satunya adalah saat banjir. Bisa dibayangkan ketika banjir dan anda berani menerobosnya karena mengejar waktu untuk kerja. Jika motor kemasukan air saya ada tips sederhana mengatasinya. Bagaimana caranya ?, simak ulasan mengenai cara mengatasi motor injeksi atau motor matic kemasukan air dibawah ini.

Cara mengatasi motor injeksi kemasukan air

mengatasi mesin motor injeksi yang mogok akibat kemasukan air
Jika karburator motor injeksi kemasukan air, cara mengatasinya cukup mudah asalkan ada obeng +, kunci pas, dan mekanik seadanya. Lain halnya jika membersihkan air dalam tangki motor injeksi, yang pengerjaanya sedikit sulit.
  1. Pastikan terlebih dahulu bahwa motor masih hidup sebelum dikurasdengan menghidupkan mesin dan matikan mesin, lalu cabut soket kabel yang berada di bagian atas fuel pump.
  2. Lalu putar kunci kontak pada posisi "On" dan tekan starter. Tujuannya agar bahan bakar yang berada pada selang bensin bisa tersedot ke ruang bakar melalui injektor dan ketika selang dibuka maka bensin tidak keluar dari selang dan menyebabkan becek.
  3. Setelah bahan bakar yang terdapat pada selang bahan bakar sudah habis, cabut soket selang yang berada pada fuel pump.
  4. Setelah itu buka fuel pump dan periksa pada dinamo apakah ada molekul air. Jika ada, semprot saja dinamo fuel pump dengan menggunakan kompresor.
  5. Jangan lupa untuk mengecek pelampung dan saringannya, jika terdapat air, semprot kembali dengan menggunakan alat yang sama yaitu kompresor.
  6. Setelah itu, keluarkan bahan bakar yang ada pada tangki dan bersihkan tangki dengan menggunakan lap sampai kering.
  7. Sampai disini selesai sudah tugas anda dalam membersihkan tangki dari molekul air dan pasang kembali fuel pump, soket selang bensin, dan fitting. 
Ketika memasang fuel pump, oleskan oli mesin pada O ring agar karet licin dan tidak mudah melar

Cara mengatasi motor matic kemasukan air

mengatasi motor matic mogok akibat mesin kemasukan air
Membuang air pada motor injeksi berbeda dengan membuang air pada motor matic. Untuk lebih lengkapnya silahkan disimak ulasan dibawah ini.
  1. Buang air yang masuk ke dalam knalpot dengan cara mengangkat ban depan, maka air yang masuk ke badan knalpot akan keluar.
  2. Bukan hanya knalpot, di filter juga ada air dan bagaimana cara mengeluarkannya ?. Cabut selang buntu yang berada di filter maka air akan mengalir keluar dengan sempurna. Perlu diperhatikan jika filter kemasukan air, maka otomatis masuk ke karter dan harus segera ganti oli karena oli sudah tercampur dengan air.
  3. Pada bagian CVT jika kemasukan air maka tanda-tandanya adalah motor menyala namun tidak ada tenaga untuk menggerakkan roda dan cara membuangnya adalah dengan mencabut salah satu sumbatan karet di saluran pembuangan.
Demikian ulasan mengenai cara mengatasi motor mogok akibat kemasukan air dan semoga artikel ini bermanfaat untuk anda khususnya bagi yang lagi kena banjir.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Cara Mengatasi Motor Mogok Akibat Kemasukan Air

0 komentar:

Posting Komentar

Berikan komentar atau saran untuk blog ini agar lebih baik dan jangan lupa berlangganan untuk mendapatkan informasi modifikasi terbaru melalui Email.