Penyebab dan Cara Mengatasi Karburator Bocor atau Banjir



Bensin motor yang keluar dari karburator sering sekali dialami para rider dan ini sudah menjadi langganan permasalah sepeda motor. Bagi anda yang masih awam dan belum mengetahui cara mengatasi karburator yang bocor silahkan disimak postingan berikut ini.

Disini saya akan menjelaskan secara lengkap mulai dari penyebab sampai cara mengatasinya kepada anda semua dan berikut ulasan mengenai penyebab dan cara mengatasi karburator bocor.

Apa Penyebab Karburator Motor Bocor ?

Setiap masalah pasti ada penyebabnya, seperti penyebab motor susah hidup, penyebab motor cepat panas, dan penyebab suara berisik pada mesin motor. Tidak berbeda dengan karburator yang bocor yang penyebabnya yaitu needle valve yang tidak menutup dengan sempurna. Pada bagian bawah karburator ada sebuah ruang pelampung yang berguna untuk menampung bensin sementara. Di dalamnya ada terdapat sebuah pelampung yang terhubung dengan needle valve. Needle valve ini yang berfungsi sebagai katup untuk menutup dan juga membuka aliran bensin dari tangki ke karburator. Saat bensin di ruang pelampung berkurang maka secara otomatis needle valve akan membuka sehingga bensin bisa mengalir. Sedangkan pada saat ruang pelampung sudah terisi bensin dengan penuh, maka needle valve akan menutup saluran tersebut. Jadi jika pada saat ruang pelampung sudah penuh namun needle valve tidak menutup dengan sempurna maka otomatis bensin akan meluap atau yang sering kita kenal dengan karburator bocor atau banjir.

Bagaimana Cara Mengatasi Karburator Motor yang Bocor ?

penyebab karburator bocor pada needle valve dan cara mengatasi
Setelah anda mengetahui penyebabnya, maka sekarang saatnya anda mengetahui cara terlengkap mengatasi karburator yang bocor. Pertama sekali yang harus kita lakukan adalah melepas karburator dari silinder head dan saya rasa untuk cara melepasnya sendiri cukup mudah. Setelah karburator terlepas, maka tugas selanjutnya yaitu melepas keempat baut pada bagian bawah. Setelah itu akan terlihat pelampung yang terbuat dari plastik dan lepaskan pelampung tersebut dengan menarik keluar sindiknya, maka akan terlepas pelampung beserta needle valve. Setelah itu lakukan penyetelan dengan cara membengkokan keatas sedikit saja logam yang digunakan sebagai dudukan needle valve. Jika sudah, pasang kembali pelampung beserta needle valve dan lakukan pengecekan dengan cara meniup lubang masuk (yang berhubungan dengan selang bensin), dan gerakan pelampung keatas dan kebawah. Pastikan bahwa saat pelampung berada di bawah, needle valve akan terbuka penuh dan ketika posisi pelampung sejajar needle valve dapat menutup penuh. Jika belum pas, lakukan penyetelan ulang sampai penyebab dan cara mengatasi karburator bocor berhasil.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Penyebab dan Cara Mengatasi Karburator Bocor atau Banjir

0 komentar:

Post a Comment

Berikan komentar atau saran untuk blog ini agar lebih baik dan jangan lupa berlangganan untuk mendapatkan informasi modifikasi terbaru melalui Email.