Cara Setting Karburator Motor Biar Irit Yang Benar



Sebenarnya setting karburator itu sudah umum dan sudah banyak yang mengetahui langkah-langkahnya, namun tidak semua dari mereka yang mengetahui cara setting karburator yang baik dan benar. Oleh karena itu jangan salah memilih guru untuk belajar, karena itu merupakan ajaran sesat :D hihi.

Pada dasarnya setting karburator motor standar pabrikan tidak terlalu sulit, saya yakin anda dapat melakukannya sendiri kecuali motor anda sudah injeksi. Namun untuk orang awam ketika melakukan setting karburator motor biasanya hanya memutar baut setelannya saja tidak memperdulikan settingannya itu sudah pas atau belum.

Karburator yang di setting dengan benar akan membuat motor anda lebih irit sehingga uang anda tidak akan cepat habis untuk membeli BBM. Okey, langsung saja disimak berikut ulasan mengenai cara setting angin karburator dalam kondisi panas atau dingin.

Terdapat dua cara setting angin karburator yang dapat anda praktikan yaitu pada saat kondisi mesin dingin dan saat kondisi mesin panas.

Cara Setting Karburator Dalam Kondisi Panas atau Dingin

Mengapa saya bedakan cara setting angin karburator ini menjadi 2, yaitu saat kondisi mesin panas dan saat kondisi mesin dingin ?. Untuk mengetahui jawabannya langsung saja simak pembahasan dibawah ini.

Cara setting karburator motor saat kondisi mesin dingin

Saat kondisi mesin dingin, menyetting angin karburator di pagi hari dangat penting karena saat diputaran RPM rendah tidak akan mbrebet.
  1. Nyalakan motor terlebih dahulu dan putar setelan stasioner sampai keputaran mesin yang terasa sudah mbrebet.
  2. Selanjutnya putar setelan angin karburator kekanan sampai terasa mesin mau mati.
  3. Kemudian putar kekiri sampai suara tertinggi atau suara mesin tidak mbrebet.
  4. Setelah itu turunkan putaran stationer pada putaran mesin yang anda inginkan.
cara setting karburator motor biar irit
 + Kelebihan dari setting karburator saat kondisi mesin dingin ini biasanya menghilangkan mbrebet saat pagi hari.
- Kekurangan ketika mesin panas kemungkinan stationer atau putaran mesin menjadi lebih tinggi.

Cara setting karburator motor saat kondisi mesin panas

cara setting angin karburator
  1. Dengerin suara mesin yang terus naik seiring putaran setelan angin berlawanan jarum jam.
  2. Pada saat terus meninggi maka ada saat dimana suara mesin akan turun.
  3. Disini kita bisa tentukan mau setel basah atau kering.
Basah = pada saat kondisi mesin terkencang
Kering = pada saat mesin turun dari nnaiknya RPM setelan angin sebelumnya
+ kelebihan setting karburator ini adalah saat kondisi mesin sudah panas maka akan membuat kondisi mesin prima dalam kondisi apapun.
_ Kekurangan yaitu jika setelan stationer terlalu rendah maka dipagi hari motor juga akan susah stationer. Hal ini disebabkan karena saat mesin dingin ruang pembakaran belum sepenuhnya terisi campuran bahan bakar.

Nah sampai disini menurut anda bagus mana antara setting karburator saat kondisi mesin dingin atau saat kondisi mesin panas ?. Sampai disini perjumpaan kita kali ini dan terima kasih sudah berkunjung pada cara setting karburator motor biar irit yang benar.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Cara Setting Karburator Motor Biar Irit Yang Benar

0 komentar:

Posting Komentar

Berikan komentar atau saran untuk blog ini agar lebih baik dan jangan lupa berlangganan untuk mendapatkan informasi modifikasi terbaru melalui Email.