Rahasia Cara Merawat Motor Injeksi Agar Awet



Tips Perawatan Motor Injeksi Yamaha dan Honda

cara merawat motor injeksi
Cara merawat motor injeksi - Motor yang merupakan alat transportasi roda dua ini, merupakan salah satu kebutuhan kita di era zaman modern. Ya, banyaknya jenis motor seperti yamaha vixion, jupiter z1, honda verza, ataupun vario membuat kita memilih motor dengan kemauan kita dan memilih yang berkualitas. Salah satunya motor injeksi. Motor injeksi sendiri dibagi menjadi 2 yaitu motor injeksi umum dan juga motor injeksi matic bahkan sekarang ada juga motor bebek injeksi. Dalam menggunakan motor, tidak selamanya akan mulus. Mengingat motor akan dapat rusak bila tidak diurus karena motor pun perlu kita rawat. Ya, perawatan motor injeksi sangat berbeda dengan motor karburator atau jenis motor lainnya. Bagi anda pengguna transportasi motor, pasti banyak yang belum mengetahui tips cara merawat motor injeksi bukan?

Sebenarnya untuk perawatannya tidak sulit. Namun, kita perlu mengeluarkan biaya yang lumayan tinggi. Karena perawatan motor injeksi dapat dikatakan berbeda. Apa saja dan bagaimana cara merawat motor injeksi? berikut informasi yang akan kami bagikan.

1. Pompa Bahan Bakar

merawat pompa bahan bakar
Jika anda mempunyai motor injeksi seperti supra x revo atau motor lainnya yang sudah menggunakan sistem injeksi dan telah lebih dari 50.000 kilometer atau kelipatanya, sebaiknya anda melakukan pemeriksaan pada pompa bahan bakar. untuk mendeteksi gejala masalah di komponen tersebut anda bisa melakukan dengan cara menghidupkan mesin motor di tempat yang tidak bising , selanjutnya anda dengarkan bagian tangki apakah ada suara mendenging atau mendesing. Jika terdengar suara mendesing ini berarti Filter Fuel Pump tergantung.

2. Ketepatan Posisi Klep injector

merawat klep injector
Klep Injektor juga perlu kita perhatikan,mengingat klep akan mengalami perubahan karena berbagai penyebab. Nah,agar performa injector benar kita perlu memerhatikan klep dengan posisi yang aman dan tepat. Posisi klep tidak renggang dan juga tidak rapat.
Anda juga harus mengetahui cara merawat motor injeksi agar selalu prima ini karena pasti sangat bermanfaat.

3. Periksa Busi Dan Filter Udara

merawat busi dan filter udara
Perlunya memeriksa busi dan filter udara adalah cara merawat injeksi yang selanjutnya. Busi yang memiliki fungsi sebagai pemantik api,perlu kita perhatikan dan kita periksa secara rutin. Filter udara pun perlu kita bersihkan. Ya,karena jika filter udara kotor maka hembusan udara ke ruang bakar menjadi terhambat.

4. Merawat ECU

ECU (Electronic Control Unit) Berfungsi sebagai otak yang mengatur keseluruhan unit injector. Ya,perlunya kita merawat ECU agar tidak terjadi kerusakan yang fatal. Direkomendasikan untuk memeriksa kabel pada kelistrikan.

5. Periksa Selang Saluran Bahan Bakar

Selang saluran bahan bakar yang merupakan komponen ECU juga perlu kita periksa secara rutin. Ya,karena selang ini memiliki fungsi penting yaitu menentukan proses pembakaran di ruang mesin bahan bakar,komponen ini juga menentukan boros atau hematnya pemakaian yang digunakan sebuah motor.

Tips diatas dapat anda gunakan untuk merawat motor injeksi agar lebih awet bahkan dapat menjaga performa mesin. Kini anda sudah mengetahui kan rahasia cara merawat motor injeksi agar awet dengan mudah?

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Rahasia Cara Merawat Motor Injeksi Agar Awet

0 komentar:

Post a Comment

Berikan komentar atau saran untuk blog ini agar lebih baik dan jangan lupa berlangganan untuk mendapatkan informasi modifikasi terbaru melalui Email.