Tips 6 Cara Membuat Motor irit BBM Tapi Bertenaga



Tips 6 cara membuat motor irit BBM tapi bertenaga - Bensin merupakan bahan bakar yang paling banyak dipakai untuk kendaraan dibandingkan bahan bakar lainnya seperti solar, avtur dan gas. Kenaikan harga minyak dunia mengakibatkan kenaikan harga bensin juga, sehingga biaya yang di pakai untuk BBM kendaraan kita menjadi meningkat. Untuk itu kita perlu mengirit bensin. Seperti salah satu transportasi yang sering digunakan saat ini adalah motor. Ya, bagi pengguna motor bensin juga merupakan kebutuhan utama. Sebab tanpa bensin motor tidak akan dapat berjalan.

Bagi pengendara motor, mungkin sudah mengetahui bagaimana membuat motor irit. Namun, masih banyak orang yang mencari tips cara membuat motor irit. Ya, artikel berikut akan memberikan solusi untuk anda yang sedang bingung agar motor anda irit bensin dan juga hemat pemakaiannya.

Cara Membuat Motor Irit BBM (Bensin) dan Kencang

cara membuat motor irit BBM
Terdapat 6 cara yang dapat anda lakukan agar motor irit BBM. seperti dengan menyetel klep, menyetel kopling, filter udara, cek tekanan ban, periksa busi, dan dengan mengatur jarak main rem. Namun untuk lebih jelasnya anda bisa membaca ulasannya dibawah ini :

1# Menyetel Klep

Celah klep terlalu longgar atau rapat mebuat tenaga mesin turun. Pengendara pun akan mengencangkan gas lebih dalam untuk mendapatkan akselerasi yang cepat, efeknya, BBM banyak terpakai, maka dari itu kerenggangan komponen klep ini harus disetel tepat sesuai spesifikasi motor masing-masing.

2# Menyetel Kopling

Saat tuas kopling ditekan,gigitan kamplas kopling menjadi cepat gembos. Nah,bila kita tidak meyetel kopling dengan benar juga membuat motor anda tidak irit.

3# Filter Udara

Filter jenis viscous element tidak boleh dibersihkan atau disemprot angin bertekanan. karena akan merusak filter dan melunturkan pelumas penangkap debu di dalamnya. Bila tampak kotor harus diganti baru, tapi yg berbahan busa,masih bisa dicuci. Selain menghemat konsumsi BBM, tarikan motor pun jauh lebih enteng.

4# Cek Tekanan Ban

sebelum berkendara cek tekanan ban karena ini termasuk cara membuat motor irit BBM
Tanpa kita sadari,tekanan ban juga dapat memengaruhi bbm. Ya,karena jika tekanan angin kurang dapat menimbulkan BBM menjadi boros. Jadi,anda perlu sering mengecek tekanan ban anda juga sebelum mengendarainya.

5# Periksa Busi

Busi juga sangat memengaruhi BBM. Ya,saat kinerja busi mulai buruk hasil pembakaran diruang bakar mulai drop dan menyebabkan pemakaian BBM menjadi boros. Oleh karena itu kita perlu memerhatikan busi yang kita gunakan untuk motor kita.

6# Atur Jarak Main Rem

Apabila rem sampai menempel, tentu akan bikin lari motor menjadi berat. sehingga pemakaian bensin tidak sesuai dengan jarak tempuh motor. Oleh dari itu, atur jarak main tuas rem motor baik depan maupun belakang minimal 1/3 dr jarak main tuas secara keseluruhan. Jangan telalu rapat, karena dikhawatirkan kampas rem jadi menempel dan membuat motor menjadi boros BBM. Oleh karena itu kita perlu mengatur jarak rem saat berkendara untuk membuat motor irit BBM atau bensin.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Tips 6 Cara Membuat Motor irit BBM Tapi Bertenaga

0 komentar:

Posting Komentar

Berikan komentar atau saran untuk blog ini agar lebih baik dan jangan lupa berlangganan untuk mendapatkan informasi modifikasi terbaru melalui Email.