Beginilah Cara Membersihkan Karburator Motor Yang Kotor



Bagaimana Cara Membersihkan Karburator Motor Dengan Benar ?

Membersihkan karburator merupakan salah satu perawatan motor yang biasanya wajib dilakukan apabila karburator kemasukan air atau kotoran. Karburator kotor biasanya sering terjadi pada saat musim hujan atau banjir. Jika masalah ini tidak segera diatasi maka akan menyebabkan motor brebet sehingga sering mogok bahkan performa mesin tidak akan maksimal.

Karburator merupakan salah satu komponen yang sangat penting dalam kinerja suatu mesin motor. Dimana ia berperan sebagai media untuk mengkombinasikan udara dan bahan bakar untuk proses pembakaran pada suatu kendaraan yang terjadi di dalam silinder.

Kinerja karburator ini diawali ketika mesin mulai dihidupkan, ketika mesin sedang hidup, dan mesin mulai menghisap udara di luar agar masuk melalui karburator. Kecepatan udara yang masuk sendiri memanfaatkan spuyer yang kecil, sehingga tekanan udara yang dihasilkan di permukaan pun cenderung rendah. Dalam hal ini, spuyer kecil pun akan memancarkan bahan bakar yang telah melalui proses pembakaran.

Perannya yang sangat penting pada sebuah kendaraan bermotor, jelas ia memiliki fungsi yang tidak sedikit. Berikut fungsi dari karburator :

Melakukan pencampuran atau pengombinasian bahan bakar dan udara secara ideal dan merata
Mengatur udara dan bahan bakar yang masuk ke dalam saluran isap untuk dilanjutkan ke dalam silinder
Beginilah Cara Membersihkan Karburator Motor Dengan Benar
Mengatur perbandingan yang tepat antara bahan bakar dan udara pada berbagai beban kecepatan kendaraan bermotor

Sementara itu, bagian-bagian dari karburator sendiri terbagi menjadi :
  • Mangkok karburator (Float Chamber), untuk menyimpan bahan bakar sebelum digunakan atau dapat disebut penyimpanan bahan bakar sementara.
  • Klep atau jarum pelampung (Float Valve), yang bertugas mengatur masuknya bahan bakar ke dalam mangkuk karburator.
  • Pelampung (Floater), berfungsi untuk mengatur bahan bakar agar tetap berada di dalam mangkuk.
  • Skep/katup gas (Throtle Valce), berfungsi untuk melakukan pengaturan banyaknya gas yang masuk ke silinder.
  • Pemancar jarum, memiliki fungsi untuk memancarkan bahan bakar. Ketika kendaraan bermotor mengalami pengegasan yang cukup penuh, maka jarum skep yang terangkat akan mengatur besarnya bahan bakar yang keluar.
  • Jarum skep/jarum gas (Needle jet), memiliki fungsi sebagai pengatur semprotan bahan bakar ketika motor digas, dimana semprotan bahan bakar tersebut berasal dari main nozzle.
  • Pemancar besar (main jet), yakni berfungsi untuk memancarkan bahan bakar ketika suatu kendaraan mengalami pengegasan tinggi.
  • Pemancar kecil/stationer (Slow Jet), memancarkan bahan bakar ketika stationer atau lamsam.
  • Skrup ga/baut gas (trhottle screw), untuk menyetel posisi skep hingga menemukan posisi yang pas sebelum digas
  • Skrup udara/baut udara (Air Screw), berfungsi sebagai pengatur banyaknya udara yang bakal dicampurkan dengan bahan bakar
  • Katup cup (choke valve), cup ini dimanfaatkan ketika start, dimana ia berkemampuan untuk menutup udara luar yang mungkin masuk ke dalam karburator.

Cara Membuka Dan Membersihkan Karburator Sepeda Motor Dengan Alat Sederhana

cara membuka dan membersihkan karburator motor yang kotor
Memiliki fungsi dan peran yang cukup penting, tentu karburator harus senantiasa diperiksa dan dibersihkan dalam kurun waktu tertentu. Pasalnya, jika dibiarkan terus menerus, hal ini akan menyebabkanya adanya kerusakan pada sebuah kendaraan. Berikut langkah-langkah untuk membersihkan karburator motor yang kotor :
  1. Bersihkan filter atau pembersih udara yang terpasang pada lubang karburator. Caranya ialah dengan melepas filter, kemudian membersihkannya dengan angin yang memiliki tekanan tinggi. Namun jika filter udara terbuat dari karburator, Anda cukup mencucinya hingga bersih, kemudian mengeringkannya.
  2. Usai membersihkan filter, lepaskanlah baut-baut yang terpasang pada karburator, serta choke dan kran bensin.
  3. Lepaskan berbagai komponen dalam karburator, contohnya mangkok karburator, jarum pelampung dan lain sebagainya. Siapkan wadah yang berisi bensin untuk meletakkan komponen-komponen tersebut.
  4. Bersihkan kaburator dengan menggunakan kuas, kemudian semprotlah dengan angin bertekanan tinggi. Hal ini bertujuan untuk membersihkan berbagai kotoran yang menempel pada lubang karburator. Sedangkan untuk membersihkan kotoran pada spuyer, amplaslah secara tipis-tipis dan hati-hati tanpa adanya penekanan.
  5. Jika telah dibersihkan, pasang kembali spuyer, namun hindari pemasangan spuyer yang terlalu kencang. Atur ketinggian pelampung bensing sedemikian rupa, lebih tepatnya dengan memanfaatkan sikmat atau jangka sorong.
  6. Langkah terakhir ialah memasangkan keseluruhan komponen yang telah dibersihkan. Aturlah kondisi langsam mesin dengan cara memutar spuyer angin-angin hingga mentok dan melakukan pemutaran searah jarum jam. Perlu diperhatikan, pengaturan ini hendaknya dilakukan ketika kendaraan dalam kondisi hidup. Jika spuyer telah diputar hingga mentok, putar baliklah beberapa putaran hingga menemukan standart gas yang tepat untuk kendaraan bermotor Anda.
Setelah anda membersihkan karburator, pasang kembali karburator ke posisi semula. Setelah itu setting karburator dengan benar sampai anda merasa cocok dengan tinggi gasnya. Sampai disini tips dari saya pada cara membersihkan karburator motor yang kotor dengan benar.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Beginilah Cara Membersihkan Karburator Motor Yang Kotor

0 komentar:

Posting Komentar

Berikan komentar atau saran untuk blog ini agar lebih baik dan jangan lupa berlangganan untuk mendapatkan informasi modifikasi terbaru melalui Email.