Cara Merawat Motor Matic Agar Tetap Awet Digunakan



Tips dan Cara Merawat Motor Matic Agar Awet

Merawat motor merupakan hal yang biasa dilakukan oleh para pemiliknya apalagi motor yang dimiliki masih baru dengan harapan agar tetap awet digunakan. Selain itu performa motor yang stabil menjadi dambaan banyak pengendara, namun apa anda mengetahui cara merawat motor matic yang baik?

Memiliki motor matic tentu saja perawatannya berbeda dengan motor biasa bebek atau motor sport pada umumnya. Di Indonesia sendiri pengguna motor memang sudah membludak bahkan hampir seluruh anggota keluarga memiliki motor lebih dari satu. Motor matic merupakan motor yang paling banyak dipilih belakangan ini oleh mereka.

Selain karena tarikannya yang enak, motor matic dianggap lebih gampang operasionalnya ketika dibawa kejalanan. Tak seperti motor lain yang mesti bermain kopling dan masukkan gigi, motor matic hanya berfokus pada gas dan rem saja sehingga lebih enteng. Oleh karena itu motor matic juga lebih banyak dipilih oleh para perempuan dan pelajar karena lebih gampang bawaannya.

6 Tips Perawatan Motor Matic Yang Baik

Semakin populernya penggunaan motor matic, tentu saja kita jangan sampai melupakan tentang perawatan terhadap motor matic yang kita miliki untuk mencegah kerusakan yang terjadi sewaktu-waktu. Agar motor matic yang anda miliki bisa tahan lama dan awet serta performa yang dimilikinya tetap stabil, tentu ada beberapa perawatan tertentu yang mesti anda ikuti dibawah ini :

tips dan cara merawat motor matic dari kerusakan
1. Memanaskan motor sebelum dipakai
Cara merawat motor matic yang pertama yaitu melakukan pemanasan motor terlebih dahulu sebelum digunakan secara rutin. Ya, tentu penting sekali anda memanaskan motor terlebih dahulu sebelum akhirnya digunakan. Apalagi diwaktu pagi hari sebelum bepergian dan baru saja mengeluarkan motor dari garasi rumah, maka paling tidak anda membutuhkan waktu sekitar 10 menit untuk memanaskan mesin motor terlebih dahulu. Memanasi motor ini bisa berguna sebagai pelumas mesin supaya terjadi pembakaran bahan bakar yang sempurna didalam mesin.

2. Gunakan kecepatan yang stabil
Saat anda berkendara menggunakan sepeda motor pastikan anda menggunakan kecepatan yang stabil selama bermotor matic. Artinya, dalam hal ini anda tidak boleh tiba-tiba saja menurunkan atau menaikkan gas sepeda motor secara mendadak. Dengan memberikan kecepatan yang stabil maka bisa menjaga mesin motor matic agar tetap awet.

3. Jaga tangki bahan bakar motor dari kekosongan
Cara merawat motor matic yang ini sering sekali diabaikan oleh banyak orang padahal tips berikut benar-benar harus diperhatikan. Apabila berkendara lihat dulu tangki tempat bahan bakar untuk motor anda, jangan biarkan tangkinya sampai kosong tak terisi karena akan berpengaruh jelek pada motor matic apalagi jika dibiarkan berkali-kali. Lakukan pengisian bahan bakan secara berkala dan usahakan jika ingin mengisinya jangan sampai menunggu kosong.

4. Teraturlah mengganti oli motor
Perawatan motor matic lainnya yang juga tidak kalah penting yaitu anda harus mengganti oli motor matic secara berkala dan rutin. Jangan lupakan dan entengkan hal ini karena berpengaruh penting pada kinerja dan performa motor matic anda. Rutinlah dalam mengecek keadaan oli dan gantilan oli anda secara teratur, hal ini dapat anda lakukan di bengkel resmi tempat anda membeli motor. Karena jika oli motor dibiarkan dalam keadaan kotor dan tidak diganti lama-kelamaan akan merusak mesin motor matic dan tentunya hal ini tidak enak. Paling tidak anda mengganti oli motor setelah menempuh jarak hingga 3000 km atau kira-kira tiga bulan sekali.

5. Perhatikan keadaan Accu dan Busi
Kedua komponen ini merupakan yang paling penting dalam merawat motor matic. Untuk menjaganya anda mesti menjaga keadaan ACCU serta busi supaya tidak dalam keadaan mogok dan anda bisa mengendarai motor dengan nyaman.

6. Periksalan roller dan ventbeld
Dalam tips merawat motor matic selanjutnya anda mesti mengganti komponen tersebut apabila dirasa sudah tidak bisa digunakan lagi. Gantilah menggunakan spare part motor matic yang asli agar bisa dipakai secara awet.

Itulah beberapa tips penting dalam merawat motor matic yang baru beli atau jarang dipakai sekalipun agar performanya tetap awet dan tahan lama. Bagi anda pemilik motor kopling mungkin bisa juga membaca cara merawat radiator motor sport agar tetap awet. Setelah tips dan cara merawat motor matic agar tetap awet digunakan ini, besok saya masih akan bagikan artikel perawatan motor lainnya untuk anda.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Cara Merawat Motor Matic Agar Tetap Awet Digunakan

0 komentar:

Posting Komentar

Berikan komentar atau saran untuk blog ini agar lebih baik dan jangan lupa berlangganan untuk mendapatkan informasi modifikasi terbaru melalui Email.