Cara Mudah Merawat Rantai Motor Agar Tahan Lama



Bagaimana Cara Merawat Rantai Motor?

Rantai motor merupakan suatu komponen atau bagian penting dalam kendaraan roda dua yang harus sering dilakukan perawatan agar awet. Disini saya akan membagikan tips sederhana cara merawat rantai motor yang baik dan benar agar rantai motor anda awet dan tahan lama.

Untuk mendapatkan performa yang baik, sebuah motor memang harus menjalani berbagai perawatan yang tepat dan rutin. Salah satunya ialah merawat rantai motor. Mengingat pentingnya peran rantai dari jenis motor bebek, rantai ini pun akan sering diperiksa dan diganti dalam kurun waktu tertentu. Pasalnya, jika rantai tersebut sudah tidak mampu bekerja dengan baik, maka performa atau tarikan motor pun menjadi terhambat.

Fungsi dari rantai motor sendiri ialah sebagai penyalur tenaga dari mesin motor ke roda belakang agar kendaraan dapat berjalan. Dengan demikian, jika rantai mengalami permasalahan atau bahkan putus, tentu hal ini dapat menjadi masalah yang cukup berat karena motor tidak lagi dapat berjalan.

Untuk tetap menjaga keawetan dari rantai, ada beberapa cara merawat rantai motor yang harus Anda lakukan, yakni sebagai berikut :

  • Beri pelumas
merawat rantai motor dengan memberi pelumas
Rantai motor yang kotor dan kering sangat berisiko terjadinya gesuran lapisan gear secepat mungkin. Akibat terbutuknya ialah gear akan lebih cepat habis. Untuk mengatasi hal ini, sebaiknya Anda memberikan pelumas. Selain itu, pelumas tersebut juga berguna untuk menghilangkan bunyi gesekan mengganggu yang biasanya muncul ketika rantai dalam keadaan kotor dan kering. Biasanya, chain lube merupakan alternatif terbaik untuk membersihkan kotoran yang menempel pada gear dan rantai. Namun, ada pula yang memanfaatkan pelumas karena dipercaya mampu memberikan keawetan yang lebih lama terhadap rantai. Namun, perlu diperhatikan, untuk memperoleh hasil terbaik, maka sebaiknya menggunakan oli mesin yang baru. Pasalnya, oli yang bekas biasanya telah memiliki kandungan geram, sehingga berisiko dapat menggerus permukaan gear dan rantai lebih cepat.

  • Atur tingkat kerenggangan rantai
merawat rantai motor dengan mengatur tingkat kerenggangan
Pada motor bebek, pengaturan rantai yang terlalu kencang atau terlalu kendur memang terkesan kurang baik dan mengakibatkan berbagai permasalahan. Rantai yang terlalu kencang akan berisiko putus, sedangkan rantai yang kendur memungkinkan lepasnya rantai dar gear, serta memungkinkan terlilitnya rantai pada tromol ban yang tentunya berakibat cukup fatal. Untuk mengatasi hal ini, sebaiknya mengatur kerenggangan rantai dengan jarak ayunan rantai yang tepat, biasanya berada pada perbedaan posisi 0,5 hingga 1 cm. Dengan demikian, jarak ayunan rantai yang tepat, akan lebih tepat pada gear, sehingga rantai dapat menyesuaikannya secara otomatis.

  • Posisikan gear depan dan belakang sejajar
merawat rantai motor dengan memposisikan gear depan dan belakang sejajar
Cara merawat rantai motor agar bertahan lama lainnya ialah memposisikan gear depan dan belakang secara sejajar. Aplikasikan gear motor hingga menempel secara sempurna, serta sesuaikan dengan bosh atau karet peredam getar. Sejajarnya posisi gear depan dan belakang, akan membantu dan memudahkan rantai dalam bergerak secara benar dan tepat, sehingga ketahanan rantai akan lebih lama. Cara terbaik untuk memposisikan gear secara sejajar ialah dengan menambahkan bosh besi pada besi sumbu roda.

  • Perhalus proses perpindahan transmisi ketika akselerasi
Pada umumnya, proses perpindahan transmisi ketika akselerasi merupaan gaya berkendara dari masing-masing individu. Namun, sebaiknya Anda senantiasa untuk memperhalus perpindahan transmisi agar mampu meminimalisir hentakan yang terjadi pada gear dan rantai. Proses perpindahan transmisi yang halur, meminimalkan tekanan yang diterima oleh gear dan rantai. Meskipun dapat dikatakan sebagai hal yang wajar, namun hal ini merupakan pembelajaran bagi pengguna agar dapat berkendara secara profesional. Selain artikel cara merawat rantai motor ini, anda juga bisa membaca informasi otomotif lainnya seperti Cara Merawat Motor Injeksi yang semoga bermanfaat.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Cara Mudah Merawat Rantai Motor Agar Tahan Lama

0 komentar:

Post a Comment

Berikan komentar atau saran untuk blog ini agar lebih baik dan jangan lupa berlangganan untuk mendapatkan informasi modifikasi terbaru melalui Email.