Tips Cara Merawat Motor Injeksi Agar Selalu Prima



Cara Merawat Motor Injeksi Yang Benar

Di jaman yang serba canggih ini sudah banyak motor injeksi, jadi sudah tidak menggunakan karburator lagi, sepeda motor yang sudah menggunakan teknologi injeksi memerlukan perawatan harian yang berbeda dari sepeda motor karburator pada umumnya.

Kenapa motor injeksi lebih mudah terkena gangguan seperti dalam sistem pembakaran dibanding kendaraan yang masih menggunakan karburator? Hal tentunya penting kamu ketahui bagi anda yang memiliki motor injeksi, Pasalnya dengan mengetahui masalah masalah seperti ini anda mampu memperbaiki kendaraan anda sendiri agar menjadi lebih baik. 

Namun sebelumnya anda harus mengetahui apa sih yang namanya injeksi dan karburator ? Injeksi adalah cara masuknya bahan bakar ke dalam ruang pembakaran pada motor injeksi yaitu dengan melalui sistem dorongan udara, berbeda dengan sistem karburator yang melalui lubang hisap lalu bahan bakar masuk ke dalam ruang pembakaran, hal ini yang kemudian memberikan perbedaan dalam komponen pendukungnya.

Hampir seluruh pabrikan motor yang ada di Indonesia seperti Honda, Yamaha, Suzuki, Kawasaki dan TVS saat ini sudah menggunakan injeksi dan mereka rata rata sudah pasti meluncurkan sepeda motor yang menggunakan mesin dan pengapian dengan sistem fuel injection,  dengan model pengapian sistem injeksi terbukti dapat menghemat konsumsi BBM.

Untuk pemilik motor khususnya yang menggunakan injeksi jika motor telah digunakan dan menempuh jarak 2.000 kilometer maka ada beberapa komponen yang perlu di ganti agar tetep prima. Bila pemilik motor tersebut malas untuk melakukan perawatan ,maka yang timbul masalah adalah motor tidak akan bekerja dengan maksimal dan boros bahan bakar. Tentu hal ini akan merugikan anda bukan ? Dibawah saya sudah tulis 6 tips cara merawat motor injeksi agar performa selalu prima.

Berikut Cara Merawat Motor Injeksi Paling Lengkap

Pada intinya, Hal ini dilakukan tidak lain hanya bertujuan untuk menjaga agar kinerja motor yang anda miliki dengan sistem injeksi tetep prima selain itu juga untuk mencegah terjadinya kerusakan di bagian injektor.

berikut cara merawat motor injeksi dengan benar agar awet digunakan
Berikut kami hadirkan beberapa cara perawatan harian sepeda motor injeksi:

  1. Terlebih dahulu panaskan mesin motor sebelum menggunakan kendaraan, panaskan motor sekitar 5 menit saja.
  2. Jangan pernah membiarkan dengan sengaja kehabisan bahan bakar, karena hal ini akan dapat menimbulkan kekosongan pada saluran injeksi dan akhirnya akan terjadi kerusakan.
  3. Usahakan untuk tidak ada kotoran masuk dalam tangki.
  4. Pastikan pompa bahan bakar serta filter udara selalu dalam kondisi yang baik, segera ganti jika sudah kurang layak.
  5. Usahakan untuk selalu menjaga kondisi kelistrikan pada kendaraan, seperti dengan sering melakukan pemeriksaan kelayakan batrei atau aki, busi, dan jangan pernah coba untuk merubah perkabelan (menambah konsumsi daya untuk kebutuhan yang lain seperti membesarkan watt pada lampu motor, dsb). Jadi biarkanlah kendaraan anda sesuai dengan standard pabrikan saja.
  6. Kendaraan sepeda motor Injeksi di anggap lebih akurat dalam mengatur kebutuhan bahan bakar jika dibandingkan dengan motor karburator,  Pasalnya kinerja dalam injeksi bahan bakar benar benar di takar serta diatur oleh beberapa sensor yang dikendalikan oleh ecu.
Kerusakan ecu serta beberapa sensor yang berhubungan dengan sistem injeksi dapat mempengaruhi kinerja dari injeksi itu sendiri, malah bisa menyebabkan kemacetan pada sistem injeksi sehingga motor mogok.

Sampai disini saya harap kamu sudah paham betapa pentingnya melakukan perawatan pada motor injeksi secara rutin dengan benar. Semoga informasi tips cara merawat motor injeksi agar selalu prima ini bermanfaat untuk anda semua para sahabat otomotif.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Tips Cara Merawat Motor Injeksi Agar Selalu Prima

0 komentar:

Posting Komentar

Berikan komentar atau saran untuk blog ini agar lebih baik dan jangan lupa berlangganan untuk mendapatkan informasi modifikasi terbaru melalui Email.