6 Langkah Memeriksa Kondisi CDI Motor



Tips dan Cara Memeriksa Kondisi CDI Pada Motor

6 langkah memeriksa kondisi CDI motor - CDI adalah salah satu komponen yang terlibat dalam sistem pengapian kendaraan bermotor. CDI sendiri merupakan singkatan dari Capasitor Discharge Ignition yang bekerja dengan memanfaatkan pengosongan muatan dari kondensator . Hal ini dilakukan untuk memperoleh daya dari kumparan pengaian. 

Sehingga pada intinya CDI adalah sistem pengapian pada mesin yang memakai karburator sebagai penyuplia. Pada motor injeksi CDI ini dikenal dengan nama lain yakni ECU. Sementara itu peran dari CDI sendiri adalah untuk mengelola dan menentukan besar kecil pengapian yang terjadi pada motor. Fakta yang terdapat pada CDI adalah komponen ini memiliki limiter yang memiliki masa pakai cukup lama. Sehingga dengan membeli seharga ratusan ribu hingga jutaan rupiah anda dapat menikmati performa mesin yang terjamin kestabilannya. 

memeriksa kondisi CDI motor agar dapat menikmati performa mesin yang stabil
Hal tersebut dapat anda rasakan hanya ketika anda membeli CDI yang original. Apabila anda menggunakan CDI yang tidak original atau imitasi, maka jangan salahkan jika kemudian hari akan terjadi beberapa masalah atau keawetan yang tak terjamin.
Selain memeriksa kondisi CDI motor, ada baiknya jika anda juga mengetahui cara kerja CDI motor itu sendiri.
Selain itu pengaturan dari CDI imitasi terbilang lebih sulit dari CDI original. Jika CDI mengalami masalah tentu saja kerusakan pada motor sudah tak terhindarkan lagi. Dengan demikian anda perlu untuk melakukan pengecekan yang rutin untuk mengetahui CDI dalam kondisi baik atau tidak. Salah satu cara yang dapat anda lakukan adalah dnegan memakai alat Avometer. Untuk lebih jelasnya berikut adalah langkah langkah pemeriksaan kondisi CDI motor


  1. Tindakan pertama yang perlu anda lakukan adalah dengan mempersiapkan beberapa alat yang dibutuhkan yakni seperti avometer yang dapat anda temui di toko elektronik. Atur avometer pada angga 200 volt. Usahakan untuk tak melebihi dan mengurangi dari angka tersebut jika ingin langkah yang anda lakukan berjalan lanjar dan menghasilkan hasil yang akurat. 
  2. Setelah mengatur angka pada avomater langkah selanjutnya adalah hubungan kabel berwarna merah dari avometer ke kabel CDI yang mengarah ke koil. 
  3. Jika kabel merah selesai sekarang giliran kabel berwarna mera dari avometer dihubungkan ke barang atau massa yang dapat menimbulkan sebuah arus listrik. 
  4. Setelah  kabel yang harusnya terhubung sudah terhubung semua, kemudian nyalakan sepeda motor anda dengan memanfaatkan fungsi starter atau kick starter. Usahakan untuk terus memperhatikan avometer. Dari situ anda akan mengetahui ada arus yang keluar ataukah tidak dari avometer tersebut. 
  5. Jika ternyata tidak ada arus sama sekali yang keluar maka sudah dapat dipastikan bahwa CDI yang terpasang pada sepeda motor kesayangan anda mengalami kerusakan. Dengan demikian secara otomatis andapun harus menggantinya dengan yang baru. Ketika akan melakukan penggantian CDI pastikan juga bahwa bagian spul dan pulser mengalirkan arus ke CDI. Cara untuk memeriksa kedua komponen tersebut sama dengan memeriksa CDI yang telah dilakukan sebelumnya. Hanya saja bedanya adalah kabel berwarna merah dihubungkan dengan spul yang mengalirkan arus pada CDI. 
  6. Selain menggunakan Avometer cara lain untuk memeriksa kondisi CDI adalah dengan cara menjajal kabel CDI yang mengarah kebagian koil dengan cara melepas kop busi. Setelah melepasnya salurkan pada komponen body besi pada motor, baru skemudian kick starter motor anda. Jika pada sisi kabel yang ke arah busi itu terdapat percikan api besar, maka tandanya itu adalah CDI masih dapat digunakan. Namun bila sebaliknya percikan api hanya kecil atau bahkan tak memunculkan percikan api sama sekali maka sudah dapat dipastikan bahwa CDI rusak dan terpaksa harus diganti dengan yang baru.
Jadi belilah CDI motor yang original agar dapat menikmati performa mesin yang terjamin kestabilannya. Selain informasi langkah memeriksa kondisi CDI motor ini, anda juga bisa membaca artikel terkait lainnya yaitu Cara Setting CDI BRT dan Cara Memperbaiki Aki Kering Motor.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : 6 Langkah Memeriksa Kondisi CDI Motor

0 komentar:

Post a Comment

Berikan komentar atau saran untuk blog ini agar lebih baik dan jangan lupa berlangganan untuk mendapatkan informasi modifikasi terbaru melalui Email.