Cara Merawat Ban Motor Agar Tidak Mudah Rusak



Cara mudah merawat ban motor yang akan anda baca ini merupakan tulisan dari sebuah pengalaman pribadi dalam merawat ban. Sepeda Motor kini memiliki beberapa perangkat yang sangat berpengaruh yang terdapat di dalamnya agar masyarakat umum dapat menggunakan kendaraan tersebut. Dengan adanya perangkat-perangkat penting tersebut, sepeda motor dapat digunakan bahkan dalam perjalanan dekat maupun perjalanan jauh.

Kini kami akan membahas tentang ban sepeda motor. Ban sepeda motor termasuk perangkat yang sangat penting bagi kendaraan anda. Ban merupakan bagian penting dari kendaraan bermotor, ababila ban tidak benar pasti akan menggangu perjalanan dan nyawa anda. Seperti ban bocor dan  ban pecah. Terkadang permukaan ban tidak rata, yang mebuat kendaran kita tidak stabil. Banyak diantara kita yang hanya membeli ban hanya dilihat dari model ban dan besar kecilnya ban untuk modifikasi tanpa memikirkan jenis dan ukuran yang dibutuhkan.

Kegunaan ban pada kendaraan anda yaitu untuk pengendalian arah kendaraan, ketika belok kanan atau kiri pastikan ban anda mampu untuk melakukannya. Lalu ban juga sebagai penanggung berat badan kendaraan, termasuk penumpangnya. Lalu sebagai penerus tenaga dari mesin, dan sebagai sistem peredam atau suspensi dari sepeda motor.

Begini Cara Merawat Ban Motor!

cara merawat ban motor yang benar agar tidak mudah rusak
Jika ban anda tidak memiliki kendala, maka perjalanan anda akan terasa nyaman dan aman untuk bepergian kemanapun anda mau. Tetapi jika ban anda memiliki kendala misal ban mulai menipis, maka anda harus berhati-hati untuk setiap alur perjalanan, jika anda tidak berhati-hati maka ban anda akan mengalami bocor atau rusak, bahan akan terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

Maka dari itu bagi anda yang memiliki kendaraan, usahakan mengecek keadaan kendaraan anda dan merawatnya dengan baik dan benar.

Inilah cara merawat ban sepeda motor yang dapat anda lakukan sendiri di rumah :

1. Periksa Tekanan Udara Pada Ban
Tekanan udara didalam ban adalah faktor utama untuk menjaga ban tetap awet. Ban yang memiliki tekanan angin diatas standart atau terlalu keras atau padet dapat menyebabkan hal-hal yang tidak diinginkan ketika anda memacu kuda besi anda karena dapat menyebabkan ban menjadi slip. Begitu juga tekanan ban yang dibawah standart atau kurang angin atau lembek itu juga dapat berimbas buruk untuk ban itu sendiri, maka ban akan cepat rusak dalam jangka pendek serta velg motor yang mudah penyok karena ban melintasi jalan berlubang. Selain itu ban yang kekurangan angin akan lebih mudah tertembus paku yang ada di jalanan.

2. Memilih tipe ban yang sesuai
Jika anda tinggal di daerah dengan kondisi jalanan yang rata, beraspal anda dapat memilih jenis ban racing dan sesuaikan ukuran,jangan terlalu kecil dan terlalu besar. Ban kecil sering kali slip dan menyebabkan kecelakaan. Begitu juga dengan ban besar lebih susah untuk di kendalikan kecuali anda adalah penunggang motor ber kapasitas mesin yang besar dan lihai dalam mengendalikan laju sepeda motor. Bila anda bertempat tinggal didaerah bukit,dengan kondisi jalan yang berlumpur maka ban dengan tekstur kasar adalah pilihan yang paling baik untuk anda.

3. Bersihkan ban setelah digunakan
Setelah mengendarai sepeda motor, alangkah baiknya anda membersihkan ban jika ban terlihat sudah sangat kotor sampai tidak wajar untuk ban. Misal terdapat kerikil yang masuk dan terselip di sela-sela ban, itu juga bisa membuat krikil lama-lama masuk ke dalam permukaan ban akhirnya ban tersebut mudah rusak. Tidak hanya rusak, bahkan ban akan mengalami mudah bocor.

4. Hindari penggunaan semir ban yang berlebihan
Untuk ban sepeda motor agar terlihat seperti baru, kita pasti akan menggunakan berbagai macam cara utnuk melakukannya yaitu dengan menggunakan semir ban. Penggunaan semir ban bisa dianjurkan untuk digunakan pada ban, tetapi jangan sampai terlalu banyak karena akan membuat ban mudah slip. Cukup teteskan pada dinding ban lalu ratakan menggunakan kuas atau spons yang halus, jangan sampai ban terlumuri sampai semir menetes ke bagian telapak roda.

5. Periksa pentil ban
Selanjutnya lakukan pemeriksaan pada pentil ban anda. Jangan sampai pentil ban motor anda mengalami kebocoran. Untuk mengeceknya cukup mudah, hanya meneteskan air diatas lubang pentil, jika terdapat gelembung udara lalu pecah maka pentil motor anda mengalami kebocoran. Untuk menghindarinya gantilah pentil ban setidaknya 2 minggu sekali.
Setelah membaca tips merawat ban motor diatas anda taukan apa yang harus dilakukan agar ban tidak mudah rusak?
Selain informasi mengenai cara merawat ban motor ini, anda juga bisa membaca tips perawatan motor lainnya cara merawat rem cakram motor atau langkah memeriksa kondisi CDI motor.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Cara Merawat Ban Motor Agar Tidak Mudah Rusak

0 komentar:

Posting Komentar

Berikan komentar atau saran untuk blog ini agar lebih baik dan jangan lupa berlangganan untuk mendapatkan informasi modifikasi terbaru melalui Email.