Cara Merawat Rem Cakram Motor Edisi 2017



Begini Tips Cara Merawat Rem Cakram Sepeda Motor Agar Awet

Cara merawat rem cakram motor - Dalam semua bagian sepeda motor kini telah tersedia rem cakram yang memang menjadi salah satu komponen yang harus ada dan tentunya harus dijaga performanya agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. Dengan adanya rem cakram yang tersedia, maka perjalanan anda akan terasa nyaman dan kemungkinan kecil untuk terjadinya kecelakaan yang sering terjadi akibat rem yang tidak terawat.

Adapun rem yang telah ada, kini memiliki beberapa varian yaitu rem cakram dan rem tromol. Dimana rem cakram ini cara kerjanya lebih mudah penggunaannya dibandingkan dengan rem tromol, karena pada rem cakram terdapat komponen utama yang berupa piringan cakram sedangkan untuk cara kerjanya rem cakram ini langsung menjepit piringan cakram dengan kampas rem yang telah dipasang pada roda kendaraan.

cara merawat rem cakram motor agar awet
Namun pada rem tromol ini, bekerja atas dasar gesekan antara kampas rem dengan tromol. Dan rem ini juga bersifat tertutup membuat sisa dari proses pengereman yang dihasilkan akibat gesekan antara kampas dan tromol akan sulit keluar sehingga terperangkap didalam tromol yang akan menumpuk dan menganggu kinerja rem itu sendiri dan perlu dibongkar untuk membersihkan kerak yang menempel pada tromol.
Rem cakram anda tidak pakem? Coba deh baca tips Mengencangkan Rem Cakram Motor ini.

Tetapi untuk proses pengereman, lebih baik menggunakan cakram dibandingakan dengan rem tromol. Namun, pada kendaraan sepeda motor masih ada yang menggunakan rem tromol, dan ada yang menggunakan rem cakram. Apalagi sepeda motor bebek atau matic telah menggunakan Dual Rem Cakram yang tentunya akan membuat pengendara lebih nyaman dan aman untuk digunakan.

Rem Cakram ini memiliki piringan yang terbuat dari baja yang kuat dan dilengkapi dengan kampas rem yang akan mencapit dan mencengkram piringan tersebut ketika pengendara menekan rem. Semakin rem tersebut ditarik semakin kuat, maka cengkeraman pada piringan cakram akan semakin kuat, dan kecepatan melajunya akan semakin melambat sampai berhenti.

Bagaimana Cara Merawat Rem Cakram Motor Dengan Benar?

merawat rem cakram sepeda motor
Pada bahasan dibawah akan menunjukkan tips perawatan rem cakram agar awet seperti dengan membersihkan dengan disk cleaner, mengganti minyak rem secara rutin, rajin memperhatikan kaliper rem dan seal piston. Inilah penjelasan kami mengenai Cara Merawat Rem Cakram Motor Dengan Baik dan Benar :

1. Bersihkan Rem Cakram dengan Disk Cleaner

Melakukan pembersihan pada bagian piringan cakram ini sangat penting karena piringan tersebut mudah sekali kotor dan mudah berkerak, hal tersebut akan sangat menggangu proses pengereman. Maka dari itu, untuk pengguna sepeda motor untuk sering-sering mengecek piringan dan membersihkannya. Caranya dengan menggunakan cairan Disk Cleaner yang memang dikhususkan untuk membersihkan piringan cakram.

2. Perhatikan dan Ganti Minyak Rem

Minyak rem sangat butuh diperhatikan, karena pada system pengereman cakram yang mengandalkan cairan ini untuk menggerakkan piston yang aa pada master rem. Minyak rem ini sangat berpengaruh untuk membuat proses pengereman menjadi lebih baik dan tentunya akan membuat pengendara semakin nyaman dan semakin aman jika melakukan pengereman.
Bingung cara mengganti minyak rem? Anda bisa mengikuti langkah-langkah mengganti minyak rem terlengkap Disini.

3. Pastikan Kaliper Rem Masih Normal

Kaliper rem merupakan bagian sistem rem yang tugasnya mencengkram disc motor adatu piringan cakram yang menyatu roda sehingga putaran roda bisa berhenti. Sistem kerjanya tergantung dari tekanan hidrolik master cakram. Tekanan hidrolik ini akan menekan piston dan kampas rem sehingga akan menjepit cakram.
Kaliper ini tidak sering rusak, tetapi terdapat beberapa hal yang membuatnya berperan tidak optimal. Misal dalam pemasangannya yang tidak pas pada posisinya karena suatu hal. Apabila keadaan kaliper bergetar maka pada bagian piringan maupun kanvas rem akan cepat habis. Dikarenakan terdapat beberapa sisi spesifik dari kaliper yang terus menerus melakukan pergesekan dengan piringan cakram. Dampak yang akan terjadi yaitu laju sepeda motor akan tersendat-sendat saat proses pengereman dilakukan. Maka dari itu anda harus sering-sering mengecek posisi kaliper agar tidak bergetar ketika berkendara. Caranya cukup memutar sisi ban sepeda motor, lalu lihat gerakan pada bagian piston, apabila gerakannya masih tak ada yang mengganjal dengan pirngan cakram, berarti kaliper maish aman digunakan.

4. Seal Piston

Keadaan seal piston harus anda perhatikan, guna untuk menghindari kebocoran minyak. Bila seal piston mengalami kebocoran meskipun itu hanya sedikit, maka secara berlangsung minyak rem akan keluar dan menyebabkan kemampuan rem tidak optimal serta system untuk pengereman tidak berjalan dengan maksimal.

Setelah membaca ulasan diatas kami harap ada sudah mengerti cara merawat rem cakram motor dengan benar sehingga awet digunakan. Selain tips mengenai perawatan rem cakram ini, anda juga bisa membaca informasi lainnya seperti Cara Memeriksa Kondisi CDI Motor.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Cara Merawat Rem Cakram Motor Edisi 2017

0 komentar:

Post a Comment

Berikan komentar atau saran untuk blog ini agar lebih baik dan jangan lupa berlangganan untuk mendapatkan informasi modifikasi terbaru melalui Email.