Cara Merawat Ruji Motor Agar Tetap Awet



Begini Cara Merawat Ruji Motor Agar Tidak Cepat Berkarat

Bagaimana cara perawatan jari-jari ruji motor? Apa kalian memiliki masalah dengan Ruji motor? Apa Ruji motor kalian cepat berkarat? Seperti yang kita tahu jika Ruji atau jari-jari yang terdapat pada motor ini sering kali cepat berkarat kerena seringnya terkena debu dan juga kotoran, kita juga harus ingat bahwa peran Ruji sendiri sebagai kerangkan roda pada motor. Jari-jari ruji sendiri berbahan stainless, jika kita jarang merawat dan memperhatikan kebersihan velg motor kita, maka bisa dipastikan jika bagian pada jari-jari rujinya akan cepat berkarat.

Hal biasa yang bisa membuat jari-jari ruji yang berkarat itu dikarena terkena debu dan juga kotoran yang dibiarkan terlalu lama yang nantinya akan menjadi kerak dan membuat timbulnya karat. Bukan hanya soal debu dan juga kotoran saja, kebiasaan buruk seperti jika kita sering membiarkan Velg kering dengan sendirinya karena terkena air hujan atau genangan air juga bisa membuat cepat berkarat.

begini cara merawat ruji motor agar tidak berkarat
Setelah mengetahui kenapa jari-jari ruji bisa cepat berkarat ini dia beberapa cara mudah untuk bisa melakukan perawatan pada jari-jari ruji agar tidak cepat berkarat.

  1. Menggunakan Air Soda - Kalian bisa menggunakan air soda, kalian bisa menemukan soda dengan mudah karena soda sendiri tersedia di toko-toko sederhana, cara merawat ruji dengan air soda adalah pertama gunakan lap chamois dan tuangkan air soda ini secukupnya, kemudian gosokkan lap yang sudah dituangkan air soda tadi pada velg dan juga jari-jari ruji atau kalian bisa khususkan pada bagian yang memang mulai berkarat dan bila dengan air hingga bersih secara menyeluruh dan kalian bisa mengeringkan hingga benar-benar kering
  2. Menggunakan Tanah - Bukan hanya air soda, kalian juga bisa memanfaatkan tanah, jika rumah kalian bisa mendapatkan tanah liat dengan mudah kalian bisa menggunakan itu, karena tanah liat ini sendiri bisa digunakan untuk membersihkan karat. Pertama kaian bisa menggunakan tanah pasir yang basah untuk bisa menggosok karat yang ada pada jari-jari ruji dan juga Velg sepeda motor atau kalian juga bisa menggunakan lap yang ditempelkan pada tanah liat, kemudian kalian bisa menggosok kain yang sudah ada tanah liat itu pada velg dan ruji.
  3. Menggunakan Batu Ijo - Cara yang terakhir adalah kalian bisa menggunakan batu ijo, dimana batu ijo sendiri memang sering kali dikenal dengan sebutan Watu Ijo. Beginilah cara menggunaka  batu ijo untuk bisa menghilangkan karat yang terdapat pada Velg dan juga jari-jari yang terdapat dalam sepeda motor, pertama batu ijo ini sendiri harus dipotong-potong terlebih dahulu, pemotongannya hapir sama dengan memotong gula jawa kemudian kalian bisa mencampurkan irisan ini dengan minyak kayu putih dan air soda. Buatlah campuran itu agar tidak teralu kental namuan tidak terlalu encer, kalian bisa menggosokkan larutan ini secara merata pada bagian velg dan juga jari-jari jeruji yang terkena karat dengan menggunakan kertas dan kaian juga bisa menggunakan kertas koran, setelah kalian melakukan itu dengan bersih, kalian bisa membilas bagian ini dengan air lalu kalian bisa keringkan.

Masih banyak lagi cara untuk bisa membersihkan dan merawat jari-jari ruji dan juga velg dengan baik, namun perlu kalian tahu jika sebaiknya jangan menggunakan amplas untuk membersihkan jari-jari ruji dan velg karena hal ini bisa membuat lapiran velg terkikis dengan cepat dan akan meninggalkan banyak sekali bekas gosokan, karena hal inilah banyak sekali orang yang tidak merekomendasikan amplas untuk bisa menghilangkan karat pada jari-jari ruji maupun velg sepeda motor. Sampai disini saya harap anda sudah paham cara merawat ruji motor agar tetap awet, selain artikel ini anda juga bisa membaca Cara Mengatasi Shockbreaker Motor Yang Rusak dan Cara Merawat Rantai Motor.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Cara Merawat Ruji Motor Agar Tetap Awet

0 komentar:

Posting Komentar

Berikan komentar atau saran untuk blog ini agar lebih baik dan jangan lupa berlangganan untuk mendapatkan informasi modifikasi terbaru melalui Email.