Cara Mengatasi Shockbreaker Motor yang Rusak



Cara mengatasi kerusakan shockbreaker motor - Jika berbicara mengenai kenyamanan berkendara sepeda motor, jelas shockbreaker bakal terlintas di bayangan Anda. Pasalnya, komponen ini dapat dikatakan sebagai komponen vital yang mampu meregam getaran ketika berkendara di jalan raya. Sepeda motor satu dengan sepeda motor lainnya biasanya memiliki ukuran shockbreaker yang berbeda-beda, tergantung dari beban yang mampu dimuat oleh kendaraan tersebut. Memiliki peran penting dalam sebuah kendaraan, jelas shockbreaker sendiri harus melalui perawatan yang teratur agar dapat bekerja secara optimal dan bertahan dalam jangka waktu yang cukup lama.

Rusaknya shockbreaker dapat disebabkan banyak hal, salah satunya ialah sering digunakan berkendara di jalan yang memiliki permukaan kurang rata. Jika memang sepeda motor tersebut tergolong sebagai sepeda motor off road, tentunya sudah menjadi hal yang wajar ketika melintasi medan tersebut. Namun sebaliknya, untuk motor biasa, baik motor bebek, sport atau matic, akan menimbulkan permasalahan tersendiri ketika berkendara di jalan yang penuh gelombang dan berlubang. Akibatnya, shockbreaker pun akan lebih cepat mengalami kerusakan.

Jadi Bagaimana Cara Mengatasi Ketika Shockbreaker Rusak?

begini cara mengatasi shockbreaker motor yang rusak dengan benar
Alternatif terbaik ketika shockbreaker telah mengalami kerusakan ialah melakukan penggantian dengan barang baru agar sepeda motor dapat kembali memberikan kenyamanan bagi penggunanya. Namun tak semua kerusakan harus melalui penggantian, jika kerusakan tersebut hanyalah diakibatkan kotoran, tentu Anda hanya perlu melakukan pembersihan dan memberikan pelumas agar shockbreaker mampu bekerja optimal seperti sedia kala.

Tujuan dari pemberian pelumas secukupnya pada suspensi shockbreaker ialah untuk mencegah kerusakan pada shockbreaker kendaraan, serta memberikan kenyamanan ketika berkendaran. Namun untuk perawatan rutin, berikanlah pelumas secara rutin dalam jangka waktu tertentu, contohnya tiap satu bulan sekali.

Selain memberikan pelumas, Anda juga harus melakukan pembersihan terhadap bagian tabung silider shockbreaker depan, tepatnya pada bagian karet stanchion. Gunakanlah kain, kemudian cucilah shockbreaker hingga bersih untuk menghilangkan seluruh debu dan kotorannya. Usai dicuci, keringkanlah dengan menggunakan kanebo.

Langkah selanjutnya usai bagian tabung shockbreaker dibersihkan ialah dengan mengoleskan minyak khusus di sekitar karet stanchion. Oleskan minyak secara hati-hati agar tidak menyentuh bagian lainnya. Lakukan uji coba shockbreaker depan dengan naik ke atas sepeda motor dalam keadaan diam, kemudian tekanlah rem depan dan dorong ke bawah beberapa kali. Hal ini bertujuan agar minyak yang dioleskan tadi dapat menyeluruh. Biasanya, setelah dilakukan uji coba ini, minyak akan keluar dari tabung sedikit. Oleh karena itu, bersihkanlah dengan menggunakan kain agar minyak tersebut tidak membekas. Melakukan perawatan secara rutin ini tentunya akan membuat usia dari shockbreaker menjadi lebih panjang, serta mencegah ausnya shockbreaker lebih cepat.

Namun, bagi shockbreaker yang mengalami kerusakan parah karena terjatuh atau masuk ke lubang jalan yang terlalu keras, alternatifnya hanyalah dengan melakukan penggantian shockbreaker yang baru. Tidak melulu membeli produk baru karena saat ini, shockbreaker aftermarket sendiri telah banyak dijual di pasaran dengan harga yang lebih terjangkau. Kendati demikian, tentunya Anda harus pintar-pintar memilih barang agar tidak mendapatkan shockbreaker dengan kualitas yang buruk. Terlebih lagi, shockbreaker ini merupakan komponen penting dari sebuah kendaraan yang mampu menimbulkan keamanan dan kenyamanan dalam berkendara. Namun, jika Anda takut terpelosok, membeli shockbreaker baru yang original di bengkel atau toko-toko resmi memang keputusan terbaik. Perbedaan mendasar yang akan Anda temui ialah harga yang ditawarkan tentunya akan jauh lebih tinggi. Kendati demikian, kualitas yang disuguhkan pun jelas sangat baik dan tidak perlu diragukan lagi. Sampai disini saya harap anda tidak panik saat terjadi kerusakan pada shockbreaker motor. Selain informasi cara mengatasi shockbreaker motor yang rusak ini, anda juga bisa membaca tips perawatan roda dua lainnya seperti Cara Merawat Rantai Motor.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Cara Mengatasi Shockbreaker Motor yang Rusak

0 komentar:

Posting Komentar

Berikan komentar atau saran untuk blog ini agar lebih baik dan jangan lupa berlangganan untuk mendapatkan informasi modifikasi terbaru melalui Email.