Penyebab dan Cara Mengatasi Rantai Motor Yang Berisik



Penyebab dan Cara Mengatasi Rantai Motor Yang Berisik

Rantai akan mulai menimbulkan suara apabila sudah renggang dan harus segera diperbaiki melalui cara mengatasi rantai motor yang berisik ini. Pada dasarnya semua komponen yang terdapat pada sepeda motor memang sangat penting. Hal ini lantaran masing - masing komponen memiliki tugas yang berbeda untuk bisa menjalankan sepeda motor dengan sempurna. Oleh karena itu tak ada satu komponen pun yang boleh disia- siakan . Seperti halnya rantai motor. Meski berada di bagian bawah, namun fungsinya sangat pentik untuk dapat menggerakkan roda sepeda motor. Dalam menggunakan rantai tentu saja anda pernah mengeluhkan adanya kerusakan. Biasanya kerusakaan yang sering dialami oleh pengguna motor adalah rantai yang putus dan rantai yang berbunyi menyebabkan kebisingan. Ketika sudah mendapatai keadaan ranati yang berbunyi tentu saja anda akan merasa risih dan ingin segera mengatasinya. 

Namun sebelum mengetahui cara mengatasi rantai yang berisik atau terputus, maka alangkah baiknya jika anda mengetahui terlebih dahulu terkait penyebab dari kerusakan rantai atau rantai yang berbunyi. Pada umunya rantai akan mulai menimbulkan suara yang berisik ketika kondisi rantai sudah merenggang. Selain itu alasan lainnya adalah kondisi gear yang sudah mulai tajam dan faktor cara berkendara anda yang menyebabkan rantai bergoyang. 

cara mengatasi rantai yang berisik atau terputus
Jika anda tak ingin disulitkan untuk mempelajari cara memperbaiki komponen motor yang rusak tertama rantai, maka sudah pasti anda akan memilih alternatif untuk menggantinya dengan yang baru. Tak dapat dipungkiri cara tersebut adalah cara paling mudah untuk mendapatkan performa yang baik kembali. Namun biaya untuk mengganti komponen dengan komponen yang baru tentu saja tak akan semurah ketika memperbaikinya. Bahkan jika kerusakan yang dialami oleh komponen sepeda motor parah biaya yang anda keluarkan untuk mengganti komponen tersebut dapat menguras kantong anda hingga bersih. Hal tersebt tentu akan membuat anda menunda penggantian rantai hingga ahirnya rantai mengalami kerusakan yang cukup serius. 

Untuk lebih menghemat biaya dan cepat dalam mengatasi masalah rantai yang berbunyi, terdapat beberapa cara yang dapat anda lakukan untuk memperbaiki masalah tersebut. Masalah rantai yang berisik biasanya terjadi pada motor bebek, ataupun yang lainnnya. Hal pertama yang perlu anda lakukan dalam memperbaiki rantai yang berisik adalah dengan memotong rantai yang menjadi sumber bunyi. Sebelum memotong rantai sebaiknya lakukan pengukuran untuk memastikan rantai pas untuk dipasang kembali. Setelah pas potong sesui dengan panjang yag telah anda ukur sebelumnya. 

Setelah anda selesai memotong rantai maka hal yang perlu anda lakukan adalah dengan menyambung kembali rantai yang teah anda potong dengan menggunakan penyambung rantai. Jika anda bingung anda dapat membeli penyambung rantai di toko - toko atau bengkel motor yang terdekat dengan rumah anda. Setelah rantai terpasang maka jangan sampai lupa untuk mengolesi rantai dengan oli atau pelumas agar rantai dapat bekerja dengan maksimal kembali. 

penyebab dan cara mengatasi masalah rantai motor yang berisik
Sementara itu setelah masalah rantai selesai masih ada yang harus anda lakukan ketika masalah rantai diikuti dengan gir yang bergoyang. Cara mengatasinya adalah dengan melepas ban motor belakang kemudian copot juga seal atau pengait yang tertempal di ass roda. Setelah terlepas kemudian lakukan pelepasan kembali pada gir dari dudukannya. Anda akan menemukan 4 buang lubang yang ada didalamnya. Setelah itu sisipkan ring biasa atau ring karet pada lubang tersebut. 

Beberapa hal yang perlu lebih anda perhatikan adalah ketebalan ring yang anda gunakan. Hal ini bermaksud agar seal atau pengait ass dapat terpasang dengan tepat dan benar. Setelah semua terpasang dengan baik maka kembalikan posisi semual dengan memasang kembali roda gigi di tempatnya yang diikuti dengan Seal atau pengait ass. Jika sudah terpasang maka langkah yang anda lakukan berikutnya adalah memastikan bahwa roda gigi yang sudah terpasang kemabli tersebutm masih bergoyang ataukah tidak. Apabila tidak maka anda berhasli memperbaiki gir anda yang bergoyang. Namun jika masih bergerak maka periksalah kembali ring yang anda pasang dengan melepaskannya. 

Jika tetap bermasalah maka segeralah mendatangi bengkel terdekat agar segera mendapatkan pelayanan. Jangan biarkan sepeda motor dalam keadaan rusak yang sangat lama, karena akan berakibat fatal. Dengan demikian perawatan rutin pada sepeda motor memang sangat penting untuk dilakukan. Mungkin sampai disini tips dari saya dalam mengatasi masalah rantai yang berisik atau terputus. Selain informasi penyebab dan cara mengatasi rantai motor yang berisik ini, anda juga bisa membaca artikel kami lainnya seperti cara memperbaiki klakson motor yang mati.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Penyebab dan Cara Mengatasi Rantai Motor Yang Berisik

0 komentar:

Posting Komentar

Berikan komentar atau saran untuk blog ini agar lebih baik dan jangan lupa berlangganan untuk mendapatkan informasi modifikasi terbaru melalui Email.