Cara Merawat Kampas Rem



Dapurmodifikasi - Pada kesempatan ini saya akan berbagi informasi cara merawat kampas rem motor agar awet digunakan. Setiap orang pasti menginginkan kondisi motor yang tetap prima meski jarang di servis. Selain dapat mengurangi pengeluaran, waktu untuk istirahat juga tidak terpotong.

Meskipun telah berjamur mobil dengan harga yang cukup terjangkau, namun sepeda motor masih menjadi pilihan utama ketika berkendara dalam menjalankan berbagai aktivitas sehari-harinya. Namun, tak banyak pengendara yang mengerti terkait kondisi kendaraannya. Bahkan tak sedikit yang bersikap acuh terhadap perawatannya. Hal ini tentu kurang baik, mengingat berbagai komponen dari kendaraan bermotor memang harus senantiasa dengan baik. Salah satunya ialah kampas rem.

Kampas rem yang tidak dirawat dengan baik akan memunculkan bahaya tersendiri bagi si pengendaranya. Namun sebelum menengok cara merawat kampas rem yang tepat, hal terpenting yang perlu Anda ketahui ialah menjaga agar rantai motor senantiasa dalam keadaan bersih. Pasalnya, rantai motor yang bersih akan memudahkan penggunanya dalam merawat kampas rem. Namun, jika rantai kotor, maka berdampak pada keawetan kampas itu sendiri. Selain itu, senantiasa perhatikan jarak antara piringan dan kampas, serta lakukanlah perawatan rem tromol motor. Tidak perlu basa-basi lagi, anda bisa membaca tulisan cara merawat kampas rem berikut :

Cara Merawat Kampas Rem

Cara Merawat Kampas Rem Motor Terlengkap
Dalam perawatan kampas rem sepeda motor, menurut pengalaman saya ada 4 hal yang dapat dilakukan sehingga kampas rem tahan lama dan awet digunakan. Hal ini tentu akan mengurangi pengeluaran serta waktu untuk istirahat menjadi lebih banyak.

1. Periksa kondisi dan posisi tromol
Langkah pertama yang harus Anda lakukan ialah melakukan pengecekan terhadap kondisi dan posisi tromol, terutama pada bagian dudukan cakram. Tromol yang bersih juga akan berpengaruh terhadap keawetan kampas rem kendaraan bermotor. Oleh karena itu, bersihkan tromol, serta pastikan penampang cakram dalam kondisi yang bersih. Tak hanya kebersihan, pastikan pula bahwa permukaan dudukan cakram tersebut tidak bergelombang. Tujuan dari langkah ini untuk memastikan bahwa piringan cakram mampu berputar dengan baik, sehingga beban kampas pun akan lebih ringan.

2. Bersihkan kaliper dan pin fleksible
bersihkan kaliper dan pin fleksible
Perawatan kampas rem selanjutnya ialah dengan membersihkan kaliper dan pin fleksible dalam kurun waktu tertentu. Selain itu, Anda juga diminta untuk memperhatikan jarak antara piringan dan kampas rem. Aturlah jarak antara keduanya dengan posisi yang tepat. Dalam pengaturan tersebut, usahakan agar piringan cakram tidak bersinggungan dengan kampas rem. Tujuan dari langkah ini ialah agar tekanan yang diberikan oleh kampas rem merata dan tidak berat sebelah.

3. Pastikan bearing roda terlumasi
pastikan bearing roda terlumasi
Untuk mendapatkan kampas rem yang awet, pastikan bahwa Anda senantiasa memberikan pemulas pada bearing roda. Tujuan yang ingin dicapai ialah untuk menghindari adanya speling pada bearing tersebut. Mengingat dampak speling sendiri dapat dikatakan kurang baik, yakni piringan akan lebih cepat bersinggungan dengan kampas rem.

4. Gunakan rem sewajarnya saja
Langkah terakhir dalam merawat kampas rem agar awet ialah dengan menggunakan rem sewajarnya saja. Ketika berkendara, hendaknya Anda memiliki jarak dengan kendaraan yang berada di depan. Hal ini bertujuan agar rem tidak digunakan sesering mungkin atau dapat dikatakan rem dapat digunakan seperlunya. Pasalnya, jika proses pengereman dilakukan lebih sering, maka akan membuat kampas rem semakin cepat terbakar. Akibatnya, kampas pun akan lebih cepat habis serta umur kampas akan lebih pendek.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Cara Merawat Kampas Rem

0 komentar:

Posting Komentar

Berikan komentar atau saran untuk blog ini agar lebih baik dan jangan lupa berlangganan untuk mendapatkan informasi modifikasi terbaru melalui Email.