Cara Merawat Motor Kopling Dengan Mudah



Cara merawat motor kopling - Bisa dikatakan saat ini, banyak orang memilih untuk mengendarai motor karena dirasa lebih irit dan lebih mudah menyelip di sela-sela lalu lintas yang padat, ditambah lagi ketika di kota-kota besar seperti Jakarta dll. Kini, tak usah bingung ketika memilih kendaraan motor karena, Beragamnya merek dan model motor menjadikan pasar motor sangat diminati oleh produsen otomotif motor kenamaan di dunia yang rela mengucurkan dana untuk menjaring konsumen-konsumen otomotif baru yang berpotensi menjadi konsumen loyalnya.

Untuk berbagai jenis motor sendiri, berdasarkan kopling dapat dibagi menjadi 4 jenis, yakni motor dengan kopling manual, dengan kopling injeksi, kopling otomatis, dan motor matic. Untuk ketiganya tentunya memiliki kekurangan dan kelebihan masing-masing. Kali ini yang kita bahas adalah problem yang biasa terjadi pada motor dengan kopling injeksi dan kopling manual.

Begini Cara Merawat Motor Kopling Paling Lengkap
Lantas apa saja masalah yang sering timbul? Biasanya, pengendara motor yang menggunakan kopling manual, misalnya motor sport seringkali harus mengeluarkan tenaga ekstra untuk dalam mengendarai kendaraannya. Kopling yang terletak pada tangan kiri tersebut seringkali membuat pengendara motor merasa kurang nyaman karena sering terkilir.

Dan untuk memperingan kopling, Anda sebenarnya dapat menggunakan sebuah alat kecil yang disebut “tul”. Biasanya alat ini dapat didapatkan di toko otomotif dan bengkel terdekat dengan harga yang terjangkau. Untuk letaknya, setut tuas kopling yang terletak di gir box bagian kanan akan membuat tuas asli akan bertambah panjang sehingga dapat memperingan beban yang sebelumnya berat.

Tips Jitu Cara Merawat Sepeda Motor Kopling Agar Awet

Untuk setiap sepeda motor dengan kopling injeksi manual, memang sangat membutuhkan perawatan ekstra terhadap perangkat kopling harus selalu diperhatikan. Bahkan para pemilik kendaraan bermotor sering lupa akan pentingnya perawatan kopling. Untuk itu, kami akan berikan tips yang dapat membantu anda dalam melakukan perawatan kopling manual injeksi. Agar bisa memperpanjang usia kopling ketika di gunakan.

Begini Cara Merawat Motor Kopling Injeksi Agar Awet

Cara Merawat Sepeda Motor Kopling Agar Awet dan Nyaman Saat Berkendara
Yang pertama yakni Rajin Ganti Oli, Memang untuk salah satu penyebab motor kopling mulai lemah tarikannya yakni lantaran kualitas oli dalam mesin mulai menurun. Bahkan, sebuah gesekan kasar mengakibatkan persneling motor kopling terlambat untuk beberapa detik saat akselerasi perpindahan gigi. Dengan mengganti oli secara berkala, maka gesekkan di dalam mesin lebih halus dan ringan.

Selanjutnya yakni Cek Kanvas Kopling, Hal ini bertujuan untuk mengecek kanvas kopling secara berkala bisa menghasilkan kinerja motor menjadi maksimal. Tidak hanya kanvas kopling, Per kopling pun perlu di cek Brosis. Lemahnya kekuatan per mengakibatkan kanvas tidak bekerja dengan baik.
Berikutnya yakni dengan Membersihkan Kabel Tali Kopling, Memang yang sering dikeluhkan salah satu kendala saat mengendarai motor kopling adalah kasarnya tarikan tali kopling dari mesin yang lewat di dalam kabel. Anda dapat membersihkan tali kopling dan salurannya dengan melumasi pelumas atau memakai cairan pembersih karat lain untuk motor, hal ini berguna agar jangan sampai kemacetan akibat kotoran dalam kabel menghambat dalam melakukan transmisi gigi motor.

Baca juga artikel terkait cara jitu merawat motor kopling lainnya :

Dan yang terakhir yakin Cek Per Kopling, kali ini untuk bagian lainnya yang perlu diperhatikan adalah per kopling, dimana jika per tersebut sudah lemah, Anda diharuskan untuk segera mengganti komponen per tersebut agar tarikan kopling menjadi lebih responsif.

Berikutnya yakni dengan Melakukan Penambahkan Tul, hal ini bertujuan agar tul kopling bisa membuat tarikan kopling menjadi lebih enteng, bisa ditambahkan dengan sebuah alat, namanya Tul. Alat ini diletakkan di sebelah kanan bawah, di daerah gear box. Alat ini membuat tuas di bagian bawah itu menjadi lebih panjang. Hasilnya, saat menarik kopling akan terasa lebih ringan. Sampai disini ulasan dari saya mengenai cara merawat motor kopling dengan mudah dan semoga artikel ini membantu anda yang masih bingung dalam perawatan motor kopling.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Cara Merawat Motor Kopling Dengan Mudah

0 komentar:

Post a Comment

Berikan komentar atau saran untuk blog ini agar lebih baik dan jangan lupa berlangganan untuk mendapatkan informasi modifikasi terbaru melalui Email.