Tips Cara Mengganti Rantai Motor Terlengkap



Inilah Cara Mengganti Rantai Motor Paling Lengkap

Mengganti rantai merupakan salah satu hal perawatan sepeda motor yang memang harus dilakukan dalam kurun waktu tertentu. Selain menyerahkannya ke mekanik profesional atau bengkel-bengkel terdekat, sebenarnya Anda juga dapat melakukannya sendiri. Ada yang menganggap pekerjaan ini merupakan hal yang cukup ribet dan sulit, namun sebenarnya hal ini dapat dilakukan dengan mudah.

Sebelum melakukan penggantian rantai motor, sebaiknya Anda memperhatikan beberapa tips di bawah ini sebelum membaca cara mengganti rantai motor dengan benar. Untuk lebih jelasnya, simak ulasannya berikut ini.

  • Jangan memotong rantai
Hal salah yang sering dilakukan oleh masyarakat adalah memotong rantai dengan harapan agar dapat digunakan kembali ketika rantai memang sudah memasuki proses penggantian. Hal ini biasanya dilakukan ketika rantai motor sudah mulai kendor dan pengaturan kekencangan telah berada di posisi maksimal. Alternatifnya ialah memperpendek atau memotong rantai motor agar rantai berada di posisi yang pas dan tidak kendor. Memperpendek rantai memang dapat dilakukan namun hal ini dapat dikatakan cukup membahayakan. Ketika telah mencapai batas maksimal, disarankan agar Anda segera mengganti rantai motor dengan yang baru.

  • Ganti gear satu set
Jika rantai motor telah kendur dan kekencangannya telah berada di pengaturan maksimal, maka sebaiknya Anda memperhatikan bagian gear depan atau belakangnya. Perhatikan apakah gear tersebut sudah tajam atau malah ada yang patah. Jika iya, maka sebaiknya Anda melakukan penggantian gear dan rantai satu set yang baru. Namun jika keuangan tidak memungkinkan, Anda juga dapat melakukan penggantian secara bertahap.
Cara Mengganti Rantai Motor

  • Gunakan gear dan rantai dengan merk sama
Dalam melakukan pergantian rantai dan gear, sebaiknya Anda menggantinya dengan merek yang sama. Pasalnya, perbedaan merk biasanya memiliki komposisi bahan pembuatan yang cenderung berbeda. Akibatnya, kekuatan dari rantai atau gear pada motor pun akan kalah. Dengan pergantian merk yang sama, maka kedua komponen pun dapat berjalan secara seimbang dan tidak kalah salah satunya.

Lantas, bagaimana cara mengganti rantai dan gear tanpa harus pergi ke bengkel ? Simak ulasannya berikut ini.

Langkah pembongkaran rantai dan gear
  1. Lepaskan penutup rantai (jika ada)
  2. Bukalah cover atau tutup gear depan dengan menggunakan kunci T berukuran 8.
  3. Cara dan bukalah sambungan rantai. Gunakan tang untuk membukanya, kemudian ambillah rantai tersebut.
  4. Dengan menggunakan pengunci, lepaskan gear depan. Pengunci gear depan sendiri terdiri dari dua macam, yakni tipe ring O dan pengunci yang memanfaatkan baut. Untuk pengunci tipe ring O sendiri biasanya memanfaatkan tang untuk membukanya, sedangkan yang menggunakan baut memanfaatkan kunci T ukuran 10.
  5. Setelah gear depan telah lepas, kendorkanlah mur pada gear belakang dengan menggunakan kunci T ukuran 14.
  6. Kendorkan dan buka mur as pada roda belakang dengan menggunakan kunci ring, serta buka pula baut yang berfungsi sebagai penahan rem. Jika motor Anda menggunakan rem berjenis tromol, maka sebaiknya turunkan rodanya terlebih dahulu untuk melakukan penggantian gear belakang.
  7. Bukalah mur gear belakang yang telah dikendorkan dengan menggunakan kunci T. Kemudian lepaskanlah gear tersebut.

Langkah Pemasangan
  1. Lakukan pemasangan kembali gear depan seperti sedia kala. Perhatikan pengunci dan kekencangannya.
  2. Pasang gear belakang beserta murnya dan kencangkan.
  3. Pasang kembali roda belakang dengan keseluruhan komponen pada rem pada swing arm. Langkah selanjutnya ialah memasukkan as roda, namun jangan dikencangkan terlebih dahulu.
  4. Rasang rantai baru beserta sambungannya.
  5. Pasangkanlah cover gear depan dan kencangkan.
  6. Atur kekencangan rantai sesuai petunjuk yang telah tersedia. Biasanya, petunjuk tersebut tertera di setiap tutup rantai.
  7. Kencangkan mur as pada roda belakang, beserta baut dan mur penahan rem.
  8. Pasang kembali penutup rantai.
Mudah bukan langkah-langkahnya? bagi anda yang tidak punya waktu ke bengkel, bisa melakukan penggantian rantai motor sendiri di rumah. Selain menghemat waktu, hal ini juga akan mengemat biaya.

Setelah diganti, sangat penting dilakukan perawatan rantai motor. Tujuannya untuk menghindari permasalahan yang sering dialami sepeti rantai agar tidak berkarat sehingga awet dan tahan lama. Masalah rantai lain yang sering dialami pengendara motor ialah rantai yang berisik saat berkendara. Buat sahabat DapurModifikasi yang mengalaminya bisa membaca cara mengatasi rantai motor yang berisik.

Jika ada yang kurang jelas dengan artikel ini, jangan ragu untuk memberikan komentar. Saya sangat menghargai partisipasi anda dalam memberikan saran demi perkembangan informasi otomotif. Selain itu, artikel ini akan terus saya update agar dapat memberikan tips cara mengganti rantai motor terlengkap.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Tips Cara Mengganti Rantai Motor Terlengkap

0 komentar:

Posting Komentar

Berikan komentar atau saran untuk blog ini agar lebih baik dan jangan lupa berlangganan untuk mendapatkan informasi modifikasi terbaru melalui Email.