Perhatikan Ini Saat Mengganti Rantai Motor



Hal yang Wajib Menjadi Perhatian Saat Mengganti Rantai Sepeda Motor

hal yang wajib menjadi perhatian saat mengganti rantai sepeda motor

Pada sepeda motor rantai merupakan salah satu komponen yang paling penting. Hal itu karena rantai memiliki peran penting dalam sistem penggerak kendaraan beroda dua. Sehingga dengan adanya rantai, sepeda motor dapat berjalan dengan baik dan benar. Oleh karena itu jika rantai mengalami kerusakan atau masalah lainnya tentu saja sepeda motor tak akan bisa berjalan sedikitpun. Tak hanya berperan sebagai sistem penggerak, rantai motor juga dapat berfungsi sebagai penyulut tenaga dari bagian mesin ke kaki kaki atau juga ban motor. 

Dengan demikian perawatan pada rantai motor juga sangat perlu diperhatikan dan dilakukan secara rutin. Apalagi dimusim hujan seperti saat ini akan membuat kondisi rantai sering terkena air yang memicu sebuah kerusakan. Ciri - ciri rantai motor yang sudah harus segera di ganti adalah rantai akan terasa terlalu kendur jika digunakan kemudian rantai akan sangat sulit untuk disetel seperti biasanya. 

Selain itu ciri - ciri lain yang wajib untuk anda ketahui adalah jika keadaan mata dari rantai sudah mulai meruncing atau mata satu dengan mata yang lainnya sudah tak memiliki bentuk yang sama. Kondisi tersebut membuat gesekan yang terjadi pada rantai tidak merata. Dengan adanya gesekan yang tidak merata sekaligus membuat tenaga yang berasa dari mesin tak dapat tersalurkan sempurna pada roda serta akan menimbulkan suara-suara yang berisik dari rantai. Jika anda sudah merasakan hal itu terjadi pada rantai motor anda maka sebaiknya segeralah untuk mengganti rantai motor agar tidak mengalami masalah ketika di jalan dan anda dapat mengendarai sepeda motor dengan aman dan nyaman.

Sebenarnya cara mengganti rantai motor mudah saja. Hanya saja ada beberapa hal yang harus diperhatikan ketika ingin mengganti rantai motor agar terpasang dengan baik dan benar. Berikut ini adalah beberapa hal yang perlu diperhatikan untuk mengganti rantai motor yang wajib untuk anda ketahui.

1. Usahakan Jangan Memotong Rantai Lebih dari satu kali

Ketika mengganti rantai motor tentu saja tak sedikit dari anda  yang memutuskan untuk memotong rantai motor lama dan menggantinya dengan yang baru. Hal ini lantaran ketika rantai motor sudah mulai kendor dan batas atau posisi pengaturan kekencangan sudah melewati maksimal, maka pengguna motor akan memutuskan untuk memotong rantai dan menggantinya dengan yang baru agar masalah kendor dapat teratasi. Namun yang perlu diperhatikan adalah usahakan untuk memotong rantai sekali saja. Jika anda melakukan pemotongan rantai berulang kali maka gerakan yang dihasilkan oleh rantai tidak akan maksimal. Hal ini lantaran pabrikan motor biasanya juga telah memperhitungkan jarak gir dan rantai motor agar berjalan dengan performa yang baik. 

2. Lakukan Penggantian Rantai Satu Set Dengan Gear 

Lakukan Penggantian Rantai Satu Set Dengan Gear

Usahakan saat mengganti rantai motor lakukanlah juga penggantian gear motor secara bersamaan. Hal ini karena rantai dan gear merupakan dua komponen dalam satu kesatuan yang cara kerjanya saling mendukung. Oleh karena itu penggantiannya harus dilakukan bersamaan. Jika dilakukan penggantian satu persatu maka tak menutup kemungkinan komponen yang baru saja dipasang tersebut akan mengalami kerusakan yang lebih cepat dari waktu seharusnya. 

3. Gunakan Rantai Motor dan Merk Gear yang Sama

Gunakan Rantai Motor dan Gear Dengan Merk Yang Sama

Saat sedang mengganti rantai motor dan juga gear, usahakan untuk menggunakan merek rantai dan gear sama yang dijual di bengkel-bengkel terdekat. Karena banyak kemungkinan jika anda membeli beda merk cara pemasangannya serta bahan pembuatannya tentu saja akan berbeda. Dengan demikian hal ini dapat menimbulkan permasalahan tersendiri karena rantai atau gear yang berbeda merk akan memiliki kekuatan yang berbeda pula. 

Anda juga harus mengetahui beberapa masalah yang sering terjadi pada bagian ini yaitu rantai motor yang berisik. Hal ini jelas akan mengganggu kenyamanan dalam berkendara, oleh karena itu harus segerai diperbaiki dengan cara mengatasi rantai motor yang berisik. Semoga 3 hal yang harus diperhatikan saat mengganti rantai motor ini bermanfaat buat sahabat otomotif yang membutuhkan informasinya.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Perhatikan Ini Saat Mengganti Rantai Motor

0 komentar:

Posting Komentar

Berikan komentar atau saran untuk blog ini agar lebih baik dan jangan lupa berlangganan untuk mendapatkan informasi modifikasi terbaru melalui Email.